Sunday, December 16, 2007

Belajar dari Kecewaku

Udah beberapa kali mengalami yg namanya kecewa karena manusia..
Tapi sepertinya aku belum pernah memaknai seutuhnya
hingga Allah memberiku kesempatan lagi untuk belajar dan menghayati…
bahwa…
berharap pada makhlukNya berarti sangat dekat dengan kekecewaan..
mengharapkan orang lain persis seperti yang kita inginkan adalah suatu bentuk keegoisan yang sangat nyata!

Hmm..sahabatku sayang…
Punya orang dengan predikat mulia sebagai “sahabat”..bikin kita ngerasa istimewa bukan?
Aku selalu bersyukur, punya banyak orang di sekitarku, yang layak dapat predikat mulia itu.
Ga hanya saat duka, saat bahagia pun kita sangat butuh orang lain untuk menemani.
Karena sesuatu yang menyenangkan, kalo tidak dinikmati bersama orang-orang yang berarti pasti tidak akan ada kebahagiaan menyertainya.

Jadi inget kata seorang trainer, bayangkan kita punya penghasilan 1 milyar sebulan, tapi dengan kondisi semua keluarga kita telah meninggal karena sebuah kecelakaan. Kira-kira masih bahagiakah punya uang sebanyak itu? Dengan siapa kita akan menikmatinya? Menikmati sendirian kayanya bakal jadi penyakit deh lama-lama. Kira-kira begitu ilustrasinya..

Nah, balik lagi, aku bahagia banget punya sahabat-sahabat yang hebat!
Mereka melakukan banyak hal besar, demi keluarga, demi orang lain, demi negara dan tentu saja demi ISLAM. Sungguh orang-orang hebat bukan?
Nah, si ona yang manja ini, seringkali sangat mengandalkan sahabat-sahabatnya dan punya harapan-harapan besar terhadap mereka, tepatnya pengharapan dalam hal bagaimana mereka memperlakukan aku –sahabatnya-. Di otakku yang sederhana, aku punya pemikiran tertentu bahwa sahabat itu harus begini… kalo aku seperti ini, sahabatku harus begitu… bla..bla..bla...
Dan, saat sahabatku tidak seperti yang aku bayangkan, mulai deh judgement-ku keluar. Mulai mikir, namanya sahabat, koq begitu? Apa sahabatku ga sayang aku? Sepertinya mereka ga peduli…bla..bla.. pemikiran anak manja yang bodoh mulai menghantuiku…

Aku sering lupa, bahwa interaksi, sifatnya dua arah! Memberi dan menerima!
Aku sering jadi orang yang menuntut… tanpa mengimbangi dengan bertingkah laku sebagaimana aku mengharapkan orang lain memperlakukanku..
Pelajaran moral hari ini: threat people like the way u want to be threated!

Dan lagi-lagi, berharap pada manusia sangat wajar jika akhirnya akan menghadapi kekecewaan. Karena manusia adalah makhlukNya yang dhaif, sering lupa dan khilaf. Maka..maafkanlah jika kamu kecewa dan berharaplah hanya padaNya.. ^^


Sahabat-sahabatku tersayang…
Maafkan ona ya..
Belum bisa jadi sahabat yang baik..
Tapi, aku ingin kita bersahabat selamanya..
Karena aku sangat menyayangi kalian semua karena Allah.. ^^

No comments: